RSS

Rabu, 17 November 2010

MARS - 5

DANAU ARGENTINA
memberi petunjuk tentang kehidupan di planet Mars


DANAU DIAMANTE DI ARGENTINA

BUENOS AIRES - Sebuah danau wilayah barat laut Argentina diperkirakan mengandung petunjuk bagaimana kehidupan berawal di Bumi dan bagaimana hal itu bisa bertahan hidup di planet lain. Seperti diberitakan Yahoo News, para peneliti telah menemukan jutaan bakteri super yang berkembang di danau Diamante, danau yang berada di tengah kawah gunung berapi raksasa yang terletak di 15.400 kaki di atas permukaan laut.
Habitat bakteri ini mirip dengan kehidupan primitif bumi dimana belum ada organisme yang hidup dan bernafas.

DAERAH TITAN DI MARS

Kondisi danau ini mengandung arsenik tinggi dan alkaline sehingga memberikan penerangan pada kehidupan di luar Bumi.
"Ini adalah ketertarikan ilmiah yang besar di mana berfungsi sebagai jendela untuk melihat ke masa lalu kita."
"Penemuan ini juga berfungsi sebagai ilmu astrobiologi untuk mengetahui kehidupan di planet lain," kata Maria Eugenia Farias, bagian dari tim yang menemukan bentuk-bentuk kehidupan di Danau Diamante awal tahun ini.
Jika bakteri dapat bertahan di sini, ujar Maria, teori tersebut juga bisa diterapkan di tempat lain seperti Mars.
Perkiraan bahwa "extremophiles" telah ditemukan di di bagian lain di dunia maka ini dapat mempunyai nilai komersial yang signifikan.

DANAU DIAMANTE DI ARGENTINA

“Apa yang kita miliki saat ini merupakan bagian dari rangkaian kondisi ekstrim yang terkumpul dalam satu tempat. Ini yang membuat tempat tersebut paling unik di seluruh dunia,” kata Faras, ahli mikrobiologi di National Scientific and Technical Research Council di Tucuman.
Danau tersebut memiliki tingkat arsenik 20.000 kali lebih tinggi dibandingkan tingkat yang dianggap aman untuk minum air. Suhu danau juga sering di bawah titik beku. Air di danau Argentina tersebut sangat asin-lima kali lebih asin daripada air laut, sehingga es tidak pernah terbentuk.
Mutasi bakteri DNA yang dapat bertahan hidup di radiasi ultra-violet dan level oksigen rendah yang ditemukan pada ketinggian tersebut mampu menarik perhatian industri farmasi untuk mengembangkan produk tabir surya.

0 komentar:

Posting Komentar